SOAL PERENCANAAN DAN AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA
1. Ada 2 paradigma strategy SDM yaitu Long Life emplaoble
dan Long life employment. Apa implikasi
dari masing masing strategy terhadap kebijakan recrutment.
Jawaban: Long Life employble biasanya adalah untuk karyawan yang
temporery seperti industri IT yang biasanya karyawannya sering pindah pindah
termasuk perusahaan dengan sistem outsorching sehingga perlu adanya strategy
dalam perecrutment karyawan dalam hal ini harus mengitung estimasi yang keluar
dan habis masa kontraknya karena perusahaan seperti ini harus siap menghadapi
turn over karyawan dan lebih sulit dalam mengestimasi kebutuhan karyawan
pengganti.
Sedangkan untuk Long Life employment
biasanya perusahaan yang mempunyai karyawan yang jarang keluar dan kalau ada
yang pindah jumlahnya sangat sedikit dan biasanya sampai pensiun. Sehingga
karyawan yang keluar sudah bisa di prediksi dan untuk menghitung keburuhan
penggantian karyawan lebih mudah serta bisa mempersiapkan perecrutan dengan
plaining yang baik dan mudah di antisipasi.
2. Perencanaan SDM harus menjawab beberapa pertanyaan antara
lain bagaimana perusahaan mempersiapkan The Riht peaple On The Right Job? Apa
dasarnya yang menjadi pertimbangan?
Jawaban: Yang menjadi pertimbangan adalah dengan melihat kemampuan
dan kompetensi supaya dapat menempatkan karyawan pada posisi yang pas atau
tepat dan hal ini akan sangat berpengaruh pada kwalitas kinerjanya. Dan apabila
kompetensi karyawan tidak sesuai maka hasil tidak bisa di harapkan dan kerjanya
tidak optimal. Menempatkan seseorang pada job yang tepat akan membantu dan
mempercepat pertumbuhan bisnis perusahaan karena secara otomatis produktivitas
karyawan akan meningkat.
3.
Kearah mana kompetensi karyawan itu akan di kembangkan terkait
dengan strategy bisnis perusahaan.
Jawaban : Pengembangan kompetensi karyawan
dapat di lakukan dengan Rotasi, Promosi, training dan Development serta adanya
karier seseorang dan di selaraskan dengan strategy bisnis perusahaan.
Pengembangan kompetensi karyawan bisa dengan Job Analisis yaitu ada dua, 1. Job
spesifikasi dan 2. Job. Description supaya bisa mempersiapkan orang yang tepat
pada job yang tepat.
4. Perencanaan SDM itu dalam level midle scope meliputi
Recrutment Selection, Training dan Development. Buatlah contoh kongktrit hubungan
antara proses recrutment, selection, training dan development.
Jawaban: Hubungan saling berkaitan karena
untuk mendapatkan karyawan yang mempunyai kinerja sesuai yang di harapkan
adalah di mulai dari proses recrutment dimana proses awal ini sangat menentukan
layak atau tidaknya sesorang dapat di terima dalam bekerja dan dalam proses ini
banyak yang dapat kita gali dari calon karyawan tersebut. Setelah di terima dan
di nyatakan lolos seleksi maka untuk bisa bekerja dengan optimal harus di
lakukan training dan development. Karena sebagus apapun sesorang mempunyai
potensi yang kita terima akan tetapi tidak di berikan training dan pengembangan
maka potensi karyawan tersebut tidak akan berkembang. Jadi jelas hubungannya
untuk mendapatkan karyawan yang potensial harus di lakukan mulai dari tahapan
recrutment di lanjutkan dengan training serta pengembangan karyawan tersebut.
5.
Distribusi karyawan pada posisi pertama adalah:
Job1 = 40
Job2 = 50
Job3 = 65
Job4 = 60
Job5 = 50
Dengan menggunakan probibilitas yang sama dengan tabel tentukan jumlah
orang yang perlu di rekrut.
Jawaban:
Dengan
perhitungan tabel di atas maka yang perlu di rekrut adalah 35 orang.
Komentar
Posting Komentar