Langsung ke konten utama

SUKSES


SUKSES

Sukses Menurut Para Ahli : 
1. Brian Tracy. 
Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang paling dinikmati, budikelilingi oleh orang-orang yang Anda senangi dan hormati. 

2. Earl Nightingale
Sukses adalah realisasi progresif dari ideal Anda yang bernilai. 

3. Zig Ziglar
Sukses adalah mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang dan semua hal yang tidak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tidak bisa membeli tidur yang nyenyak. 

Untuk menjadi sukses tidaklah langsung muncul tiba tiba. Melainkan melalui sebuah proses panjang dengan melakukan hal hal secara konsisten dan benar. Untuk menjadi sukses harus melewati jalan yang panjang dengan resiko bahkan bisa dengan kegagalan. 

Kesuksesan suatu tujuan di mulai dengan keberhasilan setiap langkah artinya keberhasilan setiap langkah adalah sukses. Sebuah contoh seseorang akan menuju ke kantor dengan jarak dari rumah yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan dan melewati kemacetan jalan. Saat orang tersebut berhasil melewati kemacetan maka itu adalah keberhasilan untuk menuju kesuksesan atau sukes langkah kecil. 

Menjadi sukses atau tidaknya seseorang dipengaruhi beberapa hal

1. Sukses - Attitude ( Sikap )
    Attitude sangat penting dalam menentukan cara pandang kita terhadap lingkungan apakah kita berfikiran positif atau negatif dalam setiap memandang suatu permasalahan dan ini suatu hal penunjang sukses. Apabila pola fikir kita dalam memandang sebuah masalah selalu positif maka akan menghasilkan energi positif sehingga kita akan melakukan langkah langkah yang positif seperti kerja keras, fokus, semangat, selalu mencari solusi dan ide ide kreatif, passion, mengembangkan diri, demikian juka apabila kita berpikiran sukses maka akan sukses. Sebagai contoh hal sukses apabila kita akan membuka sebuah usaha akan tetapi belum mencoba sudah mengatakan susah, takut gagal, bagaimana kalau rugi, ekonomi sedang buruk dll maka tidak akan menjadi sukses. Perkataan dan asumsi serta pemikiran seperti diatas yang menghalangi kita untuk suksesdan  mengambil langkah positif yang akhirnya tidak ada usaha dan tidak sukses. Demikian juga sebaliknya apabila kita mempunyai pemikiran yang positif maka akan berfikir peluang masih besar, keuntungan yang menjanjikan sehingga kita akan mencari solusi setiap permasalahan yang timbul dan ide ide ktratif dan bisa menjadi kita sukses. 

2. Sukses - Skill ( Keahlian ) dan Kemampuan 
    Kemampuan seseorang sangat diperlukan untuk menunjang sebuah kesuksesan atau sukses nya sesorang. Kemampuan disini adalah keahlian yang harus dimiliki seseorang sesuai dengan bidang yang akan di tekuninya apabila ingin sukses.

Ada tiga jenis kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mendukung pelaksanaan tugas atau pekerjaan sehingga bisa mencapai hasil yang optimal atau menunjang sukses- Robert R. Kaz Moenir, yaitu : 

A. Technical Skill ( Kemampuan Teknis )
    Adalah pengetahuan dan penguasaan kegiatan yang bersangkutan dengan cara proses dan prosedur yang menyangkut dengan alat untuk menunjang pekerjaan seseorang. Dalam technical skill ini seseorang dapat sukses mengoperasikan alat penunjang misalnya komputer, kendaraan, telepon dll. 

B. Human Skill ( Kemampuan yang bersifat manusiawi atau hubungan antar manusia) 
    Dalam bekerja ataupun menjalankan bisnis tidak terlepas dari yang namanya hubungan antar manusia oleh karena itu sangatlah penting untuk sukses membina dan hubungan antar manusia. 

C. Conseptual Skill ( Kemampuan Konseptual ) 
Adalah kemampuan untuk melihat gambar kasar untuk menggali adanya unsur penting dalam situasi memahami di antara unsur unsur itu. 
Dapat kita artikan bahwa kita harus mempunyai konsep yang akan kita jalankan sesuai dengan rencana dan sukses dalam menjalakannya. 

Sebagai contoh misalnya seorang tenaga penjual maka beberapa keahlian yang harus dimiliki adalah :
- Sukses dalam Kemampuan berkomunikasi
- Sukses dalam Kemampuan menjaga hubungan dengan pelanggan
- Sukses dalam Kemampuan mempresentasikan produk
- Sukses dalam Kemampuan membaca dan analisa pasar
- Sukses Kemampuan meningkatkan penjualan
- Sukses dalam Perencanaan kunjungan ke pelanggan
- Sukses dalam Kemampuan menggunakan kendaraan, telepon dll. 

3. Sukses - Knowledge ( Pengetahuan )

Pengetahuan dapat diartikan sebagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pada saat seseorang memakai akal budinya untuk mengenali suatu kejadian tertentu yang belum pernah dirasakan sebelumnya itu memunculkan sebuah pengetahuan. 

Dengan mengetahui keahlian apa yang dibutuhkan untuk menunjang apa yang akan kita kerjakan itu adalah sudah termasuk pengetahuan dalam menunjang sukses. Pengetahuan selalu berubah, demikian juga dengan bisnis setiap hari ada tehnologi baru, kompetitor baru dan perubahan pola dan prilaku bisnis maka dari itu pengetahuan harus selalu di update apabila kita ingin sukses dan sukses terus.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIRECT COSTING DAN FULL COSTING

DIRECT COSTING DAN FULL COSTING 1.         Direct Costing             Direct costing adalah Metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi variabel saja atau yang secara langsung mempengaruhi volume produksi. Biaya yang terjadi dimana penyebab satu-satunya adalah karena ada sesuatu yang harus dibiayai. Dalam kaitannya dengan produk, biaya langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Direct costing juga sering disebut variabel costing atau marginal costing. Direct costing memfokuskan perhatian pada produk dan biaya yang secara langsung dapat ditelusuri ke perubahan dalam kegiatan produksi. Variable costing adalah metode akuntansi manajemen yang dipakai untuk menghitung biaya produk. Laporan laba rugi yang dihasilkan oleh system variable costing memperlihatkan margin kontribusi barang-barang yang dihasilkan, informasi yang sangat berfaedah dalam pengambilan keputusan. Variable costing kadangkala disebut juga direct c

Ekonomi Manajerial

DEFINISI EKONOMI MANAJERIAL Ekonomi manajerial (managerial economics) yaitu aplikasi (penerapan) teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien. Ilmu ekonomi mikro terapan adalah bagian ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif. Dengan kata lain, ilmu ekonomi mikro terapan merupakan penerapan teori-teori ekonomi yang dalam praktek kehidupan masyarakat secara nyata, seperti penerapan ekonomi koperasi dan ekonomi perusahaan Tujuan ekonomi manajerial adalah untuk mendapatkan informasi-informasi bidang ekonomi, agar keputusan bisnis yg diambil oleh pimpinan perusahaan/organisasi tepat dan akurat di bawah kondisi ketidakpastian. Ilmu keputusan terdiri dari perangkat matematika ekonomi dan ekonometri (statistika) untuk membentuk dan mengestimas

Motivasi Kerja Karyawan

MOTIVASI KERJA KARYAWAN Motivasi dalam bekerja dapat berangsur-angsur turun di tengah tumpukan beban pekerjaan yang tinggi. Semangat kerja yang rendah akan berdampak pada  kinerja karyawan  yang semakin memburuk, produktivitas yang semakin menurun, dan pada akhirnya akan menghambat tercapainya target perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan peranan seorang pemimpin yang mampu memompa kembali semangat mereka. Beberapa  langkah yang bisa  dilakukan pemimpin untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di perusahaan. 1. Memberikan reward bagi karyawan berprestasi Sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan yang berprestasi, Anda dapat memberikan bonus atau insentif yang setimpal dengan prestasi yang diraih. Dengan memberikan penghargaan berupa bonus maka bisa meningkatkan kinerja serta motivasi karyawan. 2. Mempererat kekeluargaan sesama karyawan Hubungan kekeluargaan yang erat sesama karyawan akan membuat mereka merasa nyaman dan motivasi dalam bekerja dan loyalitas terhadap pe